Kamis, 10 Maret 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Rawamangun 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang Gugus Depan 03.359-03.360 SMP Labschool Jakarta



Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016, SMP Labschool Jakarta mengadakan pelantikan untuk siswa-siswi kelas 7 untuk dilantik menjadi pasukan penggalang gugus depan 03.359-03.360. Untuk pelantikan itu, kami harus membawa dan memakai seragam dan peralatan pramuka yang lengkap. Di baju kami harus ada tanda pelantikan, WOSM, tanda regu, kwarda daerah, pita cabang, dan peluit, peluit di kanan bagi ketua dan di kiri bagi wakil dan anggota. Kami juga harus membawa tongkat berwarna kuning-merah-kuning dan bagi ketua dan wakil diikatkan bendera regu. Kami juga harus membawa tali pramuka, bendera semapur, dan buku SKU karena buku SKU itu akan diisi. Kami juga harus membawa makanan dan minuman sendiri karena sekolah tidak menyediakan makanan dan minuman.
Pukul 06.30, kami semua sudah harus berkumpul di halaman depan masjid/sanggar untuk melakukan apel pembukaan. Setelah itu, kami menaiki tronton menuju tempat pelantikan, yaitu Studio Alam TVRI, Cilodong, Depok. Dalam 1 tronton, ada sekitar 4 regu.
Setelah sampai di sana, kami langsung berkumpul untuk melakukan apel pembukaaan. Kemudian, kami menyimpan tas kami agar tidak menjadi beban tambahan selama pelantikan. Yang perempuan menaruh tas di bawah tenda sementara yang laki-laki menaruh tas didalam pondok.
Tentu saja kami tidak langsung dilantik, tapi diuji dulu kemampuannya dan kesiapannya untuk menjadi pramuka penggalang gugus depan SMP Labschool Jakarta. Pertama-tama, kami diberikan kertas berisi soal-soal kepramukaan dasar yang harus diisi. Jika sudah selesai mengerjakan itu, kami diberangkatkan menuju pos-pos pengujian lainnya. Seharusnya ada 5 pos tetapi mungin karena keterbatasan waktu kami hanya sampai di pos keempat.
Pada pos pertama, kami harus hafal dan mengucapkan kode kehormatan pramuka, yaitu Trisatya dan Dasadharma, kami juga harus memberikan contoh penerapan Trisatya dan Dasadharma di kehidupan nyata. Di pos kedua, kami harus menghafalkan semapur. Kami diberi contoh gerakan semapur dari a sampai z dua kali lalu kami harus menebak kata yang dieja menggunakan semapur agar bisa menuju pos berikutnya.
Di pos ketiga kami harus menggunakan 2 tongkat dan 2 tali pramuka untuk membuat tandu dengan simpul pangkal dan simpul jangkar. Pada pos keempat, kami harus menggunakan tandu yang sudah kami buat di pos ketiga untuk menggotong salah satu anggota regu, anggota regu itu juga harus diperban di tempat yang ditentukan. Kami harus menandu anggota regu itu melewati halang rintang. Halang rintang itu adalah tali temali yang kami harus merayap di bawahnya atau meloncatinya. Juga ada bamboo yang disebar yang tidak boleh kami injak, hulahup yang kami harus lewati, dan kertas yang kami harus injak.
Setelah itu, kami kembali ke tempat awal kami berkumpul untuk melakukan pbb dan mengerjakan soal sandi pramuka. Lalu, kami diberikan waktu untuk solat bagi yang muslim. Kemudian, kami makan siang.
Setelah  itu, kami melakukan gladi resik upacara pelantikan sebagai latihan. Lalu, kami melakukan upacara pelantikan yang asli. Pertama, kami mengucapkan Dasadharma dan berdoa. Lalu Pak Ali Chudori menanyakan kesiapan kami untuk dilantik menjadi anggota pasukan penggalang gugus depan SMP Labschool Jakarta. Kemudian, 2 orang dari kami (laki-laki dan perempuan) maju ke depan untuk mewakili kami dilantik secara simbolik. Bersamaan dengan itu, kami masing-masing memasang pita nomor gudep di baju kami. Setelah itu kami menyanyikan lagu Himne Pramuka. Lalu, kami menonton teman-teman kami yang menjadi utusan untuk lomba semapur tampil. Kemudian kami pulang ke sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar